Tahukah anda : Blokir Salah Satu Indra Dapat Tingkatkan Daya Ingat


Anda sering bermasalah dengan daya ingat? Cobalah menutup mata saat angin berhembus, rasakan angin menyenggol tubuh. Ini merupakan cara memblokir indra penglihatan. Tahukah anda kegiatan tersebut dapat tingkatkan daya ingat?
Saraf yang satu menyampaikan informasi kepada saraf yang lain melalui reaksi elektronika. Reaksi elektronika perpaduan dari reaksi elektrik dan kimiawi. Setelah itu hubungan tersebut diperkuat dengan pengulangan dan pengistirahatan. Jadilah terbentuk ingatan.
Otak manusia memiliki kapasitas besar yang tak terbatas untuk mengingat. Pekerjaan mengingat seperti proses kerja otak untuk menyimpan informasi dan kemudian memunculkannya kembali.
Proses mengingat, diri akan menggunakan indra sebagai rangsangan untuk menciptakan kode-kode yang selanjutnya menjadi sebuah pengalaman. Pengalaman tersebut siap ditransfer ke otak lalu diproses bedasarkan nilai, arti, dan kegunaan. Kemudian berbagai saraf diaktifkan.
Tentunya ingatan manusia bersifat dinamis dan terus berkembang sesuai dengan informasi yang selalu bertambah untuk disimpan.
Ingatan manusia berkurang ditandai dengan adanya masalah yang membuat sistem perekam otak mengalami gangguan. Cara yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya ingat bisa dengan memblokir salah satu indra.
Mirip seperti seseorang mencium bunga sambil memejamkan mata. Indra penciuman menjadi lebih peka karena orang tersebut memblokir indra penglihatannya.  Pun, dengan mengadahkan tangan saat hujan, tubuh akan mengandalkan indra sentuhan ditambahkan dengan penalaran spasial.
Ini diperkuat dengan salah satu penelitan yang dipimpin oleh Robert Nash di University of Surrey yang berada di Inggris. Penelitian melibatkan 176 orang untuk diamati. Kemudian membaginya dalam dua kelompok. Kelompok pertama mengenakan penutup mata serta kelompok lainnya tidak. Selanjutnya, 176 orang tersebut diharuskan menyaksikan sebuah film yang menggambarkan seorang tukang listrik masuk ke dalam rumah, melakukan pekerjaanya, kemudian tukang listrik tersebut mencuri barang-barang.
Menurut peneliti dari Franklin Institute yang terletak di Philadelphia kota terbesar di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Memblokir salah satu indra yang ada pada tubuh dapat meningkatkan daya ingat atau memori. Jika salah satu indra diblokir maka akan membuat indra lain bekerja lebih optimal dan fokus untuk menciptakan kode-kode.
Mereka pun dipilih secara acak untuk diwawancarai mengenai film tersebut. Saat wawancara mereka disuguhkan beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Hasilnya, kelompok yang mengenakan penutup matalah yang memiliki jawaban yang lebih akurat.
Tak hanya itu, saat mandi dengan menggunakakan shower sambil memejamkan mata juga demikian. Kulit terasa terkena air yang mengalir, pertanda indra peraba sedang bekerja ekstra. Pun dapat mendorong mekanisme tubuh agar darah mengalir lebih banyak untuk meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan racun. Tubuh terasa lebih segar karena terjadi relaksasi.
Jurnal Alternative and Complementary Therapies pun menyebutkan bahwa seseorang yang menambahkan minyak esensial ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi dapat membantu meghilangkan stres dan mempertajam memori. Ini karena indra penciuman bekerja dengan optimal.
Manfaat lain yang ditimbulkan dengan memblokir salah satu indra dapat memberikan relaksasi bagi tubuh sehingga membantu mengurangi hormon stres. Juga memberikan kebugaran mental.
Hal tersebut bisa diterapkan sebagai gaya hidup baru. Jangan sepele pada gaya hidup ini karena banyak dampak yang dirasakan bagi tubuh. Kita dapat terhindar dari lemahnya daya ingat yang diiringi dengan menurunnya gejala kesehatan.
Previous
Next Post »