Hal ini Harus Dihindari Jika Kamu Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru sangatlah mengasikan, tidak jarang banyak sekali mahasiswa lama yang merindukan masa-masa saat menjadi mahasiswa baru. Ya masa-masa itu sangat menyebalkan, mengasikan, dan kenangan yang terindah bagi sebagian mahasiswa lama yang dapat mengambil nilai-nilai paa saat jaman mahasiswa barunnya.

Tahukah anda, saat anda menjadi mahasiswa baru, ada beberapa hal yang harus anda hindari. Mau tahu lebih lanjut? yuk simak 12 Hal ini Harus Dihindari Oleh Anda Sebagai Mahasiswa Baru sebagai berikut:
 

1. Jangan Memilih Kosan yang Sepi
 
Mengapa admin menaruh masalah kosan di urutan pertama? karena kosan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang mahasiswa, terutama mahasiswa baru yang belum tahu lingkungan sekitar kampus.
Pilihlah kosan yang ramai dengan mahasiswa, tapi ingat mahasiswanya yang baik, dan ramah. Ramai disini bukan berarti teriak-teriak, Tapi maksudnya yaitu banyak penghuninya dan ramah. Selain itu juga manfaat kosan yang ramai itu adalah anda tiak akan merasa kesepian, dan bisa tanya-tanya tentang segala sesuatu yang ada di kampus, dari A sampai Z (menambah pengetahuan).

2. Jangan Pemalu, Pliis deh Anda kan sudah Menjadi Mahasiswa!
 
  • Ya ketika anda menjadi mahasiwa baru, janganlah menjadi orang yang pemalu, pendiam, jutek, cuek.  Percayalah jika anda membuka diri dan ramah, maka anda akan disenangi oleh orang lain. 

3. Jangan Terlalu Banyak Bicara dan Jangan Menjadi Orang Caper
 
Tidak berbicara itu salah, dan banyak bicarapun salah. Bicaralah seperlunya dan secukupnya. Karena teman-teman baru anda mungkin tidak suka dengan orang yang suka banyak bicara yang tidak penting. Jadi Orang Caper itu sungguh akan dikucilkan dilingkungannya sendiri

4. Jangan Memakai Pakain yang Tidak Pantas
 

  • Pakain tidak pantas disini, yaitu memakai pakaian yang tidak cocok untuk belajar di dalam ruangan. Seperti memakai kaos, kaos oblong. Cobalah memantaskan diri sendiri miniml pakaian terlebih dahulu. Ingat ya jangan memakai sendal jika sedang kuliah

5. Jangan Hanya Bergaul Dengan Teman Se-Jurusan dan Se-angkatan
 
Kuliah itu waktunya anda membangun link-link/mitra yang bermanfaat untuk anda khusunya, dan untuk orang lain umumnya. Perluaslah pertemanan anda ke jenjang yang lebih luas. Supaya mitra anda bertambah banyak, dan anda dikenal banyak oleh mahasiswa di kampus anda.
 
6. Jangan Lewatkan Kesempatan untuk berpartisipasi dalam Event-event kampus, Apalagi yang Gratisss

  • Wah kampus itu surrganaya event. Percaya atau tidak setiap bulannya selalu ada event/seminar yang mewah dan berskalai nasional, bahkan internasional. Dan untungnya buat anda yang menjadi mhasiswa, biasanya ada harga khusus buat anda. So Let Grab It Now :)
 
7. Jangan Terburu-buru membeli Buku Pegangan

Nah ini sangat penting sekali. Sebelum anda membeli buku buat pegangan dan tambahan sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu kepada dosen yang bersangkutan atau bisa juga ke kakak tingkat yang sudah mengontrak mata kuliah tersebut.

8. Jangan Membuang waktu anda dengan Bermain Media dan game Online, Cukup 2jam/hari

Wah ini penyakit mahasiwa yang sulit diobati. Secara gitu, mahasiswa sekarang sudah mempunyai gadget yang canggih-canggih. Hati-Hati Jangan sampai kecanduan untuk bermain game online, karena itu akan membantu studi anda
 
9. Jangan Lupa Kabarkan diri anda kepada Orang Tua anda, minimal seminggu Sekali

Orang tua adalah sesuatu yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Orang tua adalah orang yang melahirkan dan mengurus kita dari dalam kandungan sampai kita menjadi seperti ini. So kabarilah orang tua anda seminggu sekali. Minima lewat sms atau telepon. Karena orang tua anda akan merasa senang apabila mendengar kabar dari anaknya yang jauh diana (perantauan) untuk mencari ilmu karena Alloh.
 
Demikianlah beberapa yang harus anda hindari bagi anda yang menjadi mahasiswa/mahasiswa baru. Maaf jika ada kata-kata yang kurang relevan atau kurang baik. Jika ada masukan atau tambahan,. Silakan tulis dikolom komentar. Berkomentarlah dengan menggunkan bahasa yang baik dan santun :)
Previous
Next Post »