Server di AS Padam Akibat Ulah Typo

Gara-gara salah ketik di pusat server milik Amazon Web Services (AWS), sejumlah layanan internet di Amerika Serikat padam. Kesalahan yang terkesan konyol ini berujung sejumlah situs terkenal tak bisa diakses selama beberapa jam.

Sejumlah situs menjadi korban padamnya layanan Amazon karena kesalahan sepele itu. Slack, Quora, Giphy, dan medium adalah beberapa situs web yang tak bisa diakses selama insiden itu berlangsung. 

Bahkan Amazon sendiri turut menjadi korban karena salah satu server yang mati adalah server yang menopang update laman statusnya.

Kejadian bermula pada Selasa (28/2) pagi waktu setempat. Seorang pegawai Amazon sedang melakukan pengecekan rutin. Saat itu ia menemukan sedikit server yang bermasalah.

Untuk memperbaikinya, sang pegawai memasukkan kode perintah untuk memperbaikinya. Celakanya, kode yang ia masukkan typo. Akibatnya, server dalam kapasitas lebih besar justru mati.

Amazon mengaku lamanya waktu yang mereka butuhkan untuk memulihkan layanan mereka karena server mereka belum pernah di-restart bertahun-tahun, sementara kapasitas data mereka terus bertambah besar.
"Sayangnya salah satu input perintah tidak tepat dan server yang lebih besar padam tanpa disengaja," aku Amazon dalam pernyataan resmi di lamannya, Kamis (2/3).

"Proses restart layanan butuh waktu lebih lama dari yang diperkirakan," sambung penjelasan tersebut.

Setelah kejadian itu, Amazon segera menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggannya.

Situs kabar teknologi Engadget menyebut kejadian tersebut sebagai Pemadaman Besar Amazon Web Services 2017 karena skalanya yang cukup besar. Selain itu, padamnya AWS terjadi selama berjam-jam. Sehingga potensi kerugian dinilai cukup besar.

"Akhirnya kami ingin minta maaf atas dampak yang diterima pelanggan kami."

sumber
Previous
Next Post »